Sabtu, 29 Desember 2012

Kecanggihan oleh sebuah ilmu

Pada zaman modern, kita telah banyak menemukan benda yang canggih yang dibuat oleh para ilmuan. Contohnya Sepeda dengan nama E-V sunny yang menggunakan sinar matahari dan saya akan bahas kali ini. Canggih bukan .. ? Saya mengetahui ini saat berita di suatu media, mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Saya tertarik dengan cerita ini yang memerlukan pengorbanan uang yang sangat tinggi dan spesifikasi yang tercipta sangat ilmuan dengan ilmu yang tinggi.

Sepeda dengan nama E-V Sunny seharga USD 795 di AS ini adalah modifikasi dari sepeda konvensional. Dengan memanfaatkan sinar matahari yang dimasukkan pada panel surya ke roda. Kreatifnya diletakkan solar panel pada lingkaran roda menutupi jeruji roda. Sepeda EV Sunny panel dibangun ke roda-rodanya yang menyalakan motor 500 watt di hub depan. Bertengger di atas roda belakang memerlukan 17amp / jam baterai, yang dibebankan oleh energi surya sehingga menciptakan daya terus menerus dan menjaga biaya konstan untuk baterai. Tanpa dikayuh sepeda ini mampu bergerak dengan kecepatan 19 mil perjam. Menakjubkan :). Namun saya tidak menemukan siapa yang menciptakan sepeda ini :(

Dalam materi yang pernah saya baca, dari pemanfaatan energi matahari sepeda E-V Sunny dibuat dengan cara Photovolik atau sollar cell yang mengkonversikan matahari menjadi energi listrik secara langsung. Materi ini disebutkan, Photovoltaik sell ini menggunakan lapisan-lapisan tipis atau bahan semikonduktor lain. Sel-sel menangkap elektron ketika sinar matahari mengenai sel dan elektron meninggalkan sel sebagai arus listrik searah. Cara seperti ini, jelas suatu benda akan lebih mahal harganya dibandingkan dengan sumber energi konvensional.

Kesimpulan
Setelah saya bahas, telah kita analisa bahwa Sepeda E-V Sunny memanfaatkan sinar matahari yang menggantikan bahan bakar fosil yang dimaksud ada masa habisnya dan tidak mengeluarkan polusi pada lingkungan. Sepeda ini dibuat sangat tersusun yang telah memperhitungkan segala pemanfaatan. Walaupun sepeda ini termodifikasi oleh konvensional namun setidaknya sepeda ini telah menciptakan batere dengan energi listrik dari matahari yang tidak perlu lagi dibuat batere buatan yang akan terus diganti jika habis energi listriknya dan tidak bisa diperbaharui.

Sumber
Disuatu media tv dan internet, materi pengajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar