Sabtu, 22 Desember 2012

Kompor Semakin Canggihnya

Kita tahu zaman dahulu manusia belum menggunakan kompor untuk memasak, mereka menggunakan alat yang sederhana seperti menggunakan kayu bakar. Dengan seiring waktu, manusia merasakan sulit menggunakannya dan butuh waktu yang lama, sehingga mereka mencari alat untuk memudahkan dalam memasak yaitu kompor. Kompor ini merupakan kebutuhan sekunder yang mempengaruhi iptek. Setiap rumah tangga akan membutuhkan kompor walaupun berbeda bentuknya dengan seleranya masing-masing. Oleh karena itu, saya akan membahas perkembangan alat memasak.

Pada zaman berburu
Pada zaman ini banyak yang menyatakan, belum mengenalnya alat memasak seperti periuk dan belanga. Mereka hidup bergantung pada alam, berburu dan tinggal yang tidak tetap. Pada saat mereka tinggal di daratan tinggi, ia banyak menemukan persediaan makanan dan alat-alat untuk berburu.

Pada zaman peradaban
Ketika manusia telah mengenal api, mereka mulai membuat sebuah alat untuk memasak. Di China, sejak jaman Dinasti Qin (221-206/207 SM) mereka memasak menggunakan tungku api yang terbuat dari tanah liat. Sedangkan penduduk Eropa pada abad ke 18, masih memasak secara terbuka dengan kayu bakar. Kemudian berkembang dengan membuat lantai yang lebih rendah untuk memasak. Ada juga yang menggunakan perapian dari susunan batu untu memasak. .Perapian kemudian dibuat setinggi pinggang dilengkapi cerobong asap.Dengan cara ini memasak bisa dilakuakan sambil berdiri.Panci memasak diletakkan persis di atas api, digantung dengan tiang atau kaki tiga.Untuk mengatur panas tinggal menaikkan atau menurunkan posisi panci.

 Penemuan Kompor
Awal mulanya penemuan kompor minyak diperkenalkan oleh Alexis Soyer pada tahun 1849.  Kompor ini bertekanan udara yang dicampur dengan minyak tanah (mirip dengan kompor pedagang kaki lima jaman dulu).Khususnya pada negara Indonesia, dahulu menggunakan kompor minyak tanah, namun menurut saya pada saat ini di Indonesia sedang krisis bahan bakar sehinnga berlari menggunakan kompor gas. Dan terbukti bahwa di Indonesia lebih banyak kandungan gas bumi.

Perkembangan modern
Sebelum kompor minyak diperkenalkan, ada penemuan masih dalam eksperimen yaitu kompor gas pada tahun 1820 namun masih dirahasiakan. Pada tahun 1880 kompor gas semakin dikenal masyarakat luas dan berkembang secara komersial, walaupun agak terhambat karena pertumbuhan jaringan pipa yang lamban.
Hingga pada saat ini, banyak diperkenalkan kepada masyarakat bermacam-macam model kompor gas.

Munculnya Kompor Listrik
Kompor macam ini, telah muncul setelah kompor gas telah diperkenalkan. Pada 20 September 1859, George B. Simpson di Washington DC, Amerika Serikat mematenkan kompor listrik yang menggunkan pemanas dari kumparan. Prinsipnya, energi listrik diubah menjadi energi panas lewat kumparan. Seiring perkembangan jaman, di tahun 1970 muncul ide untuk menggantikan kumparan kawat dengan glass-caramic, sehingga kompor termuktahir saat ini tidak berbau, berasap, dan ringkas. Di Indonesia sudah banyak digunakan namun hanya kalangan atas, dikarenakan harganya yang relatif mahal.

Fase-Fase Proses Teknik dan Tingkatan Teknologi pada Perkembangan Kompor
Dalam iptek, telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya materi tentang fase-fase dan tingkatan teknologi penerapannya. Dalam tingkat teknologi, kompor digolongkan pada teknologi tinggi yaitu suatu jenis teknologi mutakhir yang berkembang dari hasil penerapan ilmu pengetahuan baru dengan seiringnya waktu dan perkembangan yang canggih. Perkembangan kompor telah mencakupsemua  fase-fase proses teknik kecuali Fase teknik konstruktif, yaitu :
  1.  Fase teknik destruktif. Dimana manusia dalam memenuhi kebutuhan mengambil langsung dari alam tanpa usaha untuk mengembalikannya ke alam. Seperti contoh memasak dengan kayu bakar, perapian susunan batu, dan kompor gas.
  2. Fase modern. Fase ini mampu membangun suatu peradaban baru, dengan menciptakan sebuah mesin dan berkembang seiringnya waktu. Contohnya kompor listrik.
Dapat kita simpulkan diatas, bahwa semakin pesat perkembangan yang sangat canggih, dengan ilmu yang tinggi sehinnga menciptakan alat modern yang dirancang sebaik mungkin.

Semoga dalam pembahasan ini, kita dapat menambah ilmu dan mempunyai keinginan untuk menciptakan alat canggih. Maaf jika dalam pembahasan terdapat kata yang salah karena saya pun masih belajar dan belum menguasainya. Saya mengarapkan kritik dan saran dari pembaca.

Sumber
http://www.visualbuzzer.com/2148/sejarah-penemuan-kompor
asal-usul-motivasi.blogspot.com/.../asal-usul-kompor.html
indopedia.gunadarma.ac.id › ... › Asal Muasal Indonesia
Image google
materi pengajaran 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar