Sabtu, 15 Desember 2012

Sayur terancam penyakit

Dalam pembahasan ini, saya akan menjelaskan bahwa sayur adalah kebutuhan primer yang penting pada golongan apa dan akan membahas kenapa sayur menjadi penyakit. Selain nasi sebagai penguat tubuh dan menambah energi, sayur juga penting dalam kesehatan untuk menetralisasi zat-zat racun. Namun disayangkan jika sayur dikonsumsi dengan tidak baik, dapat mengakibatkan penyakit. Sebab itulah yang mengacu saya untuk membahasnya.


Pendahuluan
Pengertian kebutuhan
Disini kita harus pahami dahulu sedikit tentang pengertian kebutuhan itu sendiri. Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani, sebagaimana kebutuhan tersebut dipenuhi dengan caranya untuk mendapatkan. Kebutuhan ada 3 golongan, yaitu :

  •   Kebutuhan primer
       Kebutuhan ini adalah yang harus dipenuhi oleh makhluk hidup untuk meneruskan kehidupan dan termasuk dalam kebutuhan pokok yang meliputi :
o   Sandang
o   Pangan
      o   Papan
 •    Kebutuhan Sekunder
       Kebutuhan sekunder dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang hanya untuk melengkapi
 •    Kebutuhan Tersier
       Kebutuhan suatu barang mewah

IPTEK
Dalam perkembangan iptek dapat mempengaruhi kebutuhan manusia, dengan contoh kebutuhan primer yaitu makanan yang dibuat dengan siap saji. Dalam iptek terbentuk fase-fase proses teknik dan tingkatan teknologi berdasarkan penerapannya.

1.       Fase-fase proses teknik
a.       Fase teknik destruktif. Pada fase ini, dimana manusia dalam memenuhi kebutuhan mengambil langsung dari alam tanpa usaha untuk mengembalikannya kea lam
b.      Fase teknik konstruktif. Dimana manusia menciptakan kebudayaan baru yang tidak terdapat dari alam.
c.       Fase modern. Fase ini mampu membangun suatu peradaban baru, dengan menciptakan sebuah mesin dan berkembang seiringnya waktu.
2.       Tingkatan teknologi berdasarkan penerapannya
a.       Teknologi tinggi. Suatu jenis teknologi mutakhir yang berkembang dari hasil penerapan ilmu pengetahuan baru dan didapatkan melalui biaya yang besar.
b.      Teknologi madya. Teknologi yang dikembangkan dengan biaya dan kegunaan yang paling menguntungkan. Dengan biaya yang tidak terlalu besar dan tidak memerlukan pengetahuan baru. Unsur-unsur yang mendukung industry dapat diperoleh dengan keterampilan
c.       Teknologi tepat guna. Teknologi yang dapat digunakan negara-negara berkembang dengan skala modal kecil


Pembahasan
Sayur salah satu kebutuhan primer
Sayur yang dibutuhkan setiap manusia yang bertujuan untuk kesehatan tubuh. Sayur adalah pelengkap makan yang sehat atas kandungan yang ada di dalamnya. Karena manusia sering mengonsumsi sayur bayam dan tergolong pada makanan maka sayur adalah kebutuhan primer yang menjadi kebutuhan pokoknya.Sayur  termasuk dalam fase destruktif karena dari alam. Perkembangan demi perkembangan, berbagai macam pengolahannya. Salah satu contohnya adalah sayur bayam yang diolah menjadi kripik.



Sayur menjadi tidak sehat
Sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa berbagai macam sayur dalam pengolahannya. Namun yang harus kita sadari adalah sayur akan menjadi racun pada saat mengolahnya dengan tidak benar. Seperti contoh jika sayur yang kita konsumsi bentuknya cacat atau rusak maka dalam kandungan sayur tersebut menjadi berkurang bahkan menjadi racun atas zat-zat yang tidak sehat saat pencapaiannya yaitu terkena debu jalanan  , bentuk yang rusak atas penyimpanan yang tidak higenis dan sebagainya.

Perkembangan yang sangat pesat, teknologi yang canggih sehingga bumbu untuk menyedapkan sayur sebagai selera dibuat menjadi siap saji dan termasuk dalam teknologi madya yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Sesungguhnya makanan atau yang berbaur siap saji itu tidaklah baik karena yang dibuat tidak sepenuhnya secara alami. Pembuatan secara siap saji ini, sudah tercampur oleh zat-zat kimia seperti contoh zat pengawet yang mengakibatkan dampak buruk jangka pendek ataupun jangka panjang. Bahaya bukan '?? Sebab itulah sayur menjadi tidak sehat lalu menimbulkan penyakit.

Faktor-faktor yang membahayakan kesehatan dari pengkonsumsi sayuran

  1. Sayur yang ditempatkan tidak higenis
  2. Membersihkan sayuran yang tidak bersih
  3. Penyedap rasa yang tidak alami
  4. Pengelolahan secara tidak benar
  5. Mendaur ulang sayur yang sudah dimasak

Saran untuk pengolahan sayur yang baik

  • Carilah sayur yang tidak cacat
  • Cucilah sayur dengan air bersih
  • Jika tidak langsung dikonsumsi, sebaiknya disimpan dalam kulkas dan tidak digabung dengan bahan mentah seperti daging
  • Gunakan bumbu yang alami dengan tumbuh-tumbuhan

Kesimpulan
Dari penjelasan tersebut, harus kita sadari bahwa berhati-hatilah dalam mengonsumsikan makanan sebelum kita terserang penyakit. Dan sebaiknya gunakanlah bumbu yang alami demi kesehatan kita. Semoga dengan pembahasan saya, dapat bermanfaat. Saya mengharapkan kritik dan saran sebagai pengacu tulisan saya untuk lebih baik. Terima kasih :)

Referensi
Image wikpedia
Wikpedia.com
Materi pengajaran

1 komentar:

  1. sebelumnya saya udah masukin link gunadarma. tapi maaf maksud dari masang link itu seperti apa iia '?? saya kurang paham.

    BalasHapus